LAPORAN PENELITIAN
BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil dan Pembahasan
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh aplikasi instagram terhadap pemasaran produk pada
online shop. Online shop yang
digunakan sebagai informan dalam penelitian ini adalah Aida Collection dimana Aida
Collection ini merupakan salah satu
toko online baju muslim gamis yang memanfaatkan fasilitas aplikasi Instagram
sebagai media pemasaran dan promosi koleksi bajunya.
Jumlah
pertanyaan yang diajukan pada wawancara terdiri atas 10 pertanyaan. Dari hasil
penelitian, owner (pemilik online shop) mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi
Instagram ini sangat membantu dalam hal promosi baik dalam hal promosi toko
Aida Collection itu sendiri maupun produk-produk yang akan ditawarkannya.
Aplikasi Instagram ini
merupakan salah satu aplikasi tidak berbayar yang ada pada android dan Iphone, semua
orang pengguna android dan iphone dapat men-download aplikasi ini dengan gratis
di play store atau pun App store. Dengan maraknya penggunaan gadget saat ini
baik dikalangan anak-anak sampai dengan orang tua khususnya remaja, tidak
sedikit masyarakat juga yang mempunyai aplikasi Instagram untuk berbagi foto,
comment, likes dan sebagainya. Oleh sebab itu, banyak online shop yang menggunakan
aplikasi Instagram ini untuk media promosi dan menjual produknya.
Efektivitas bisnis
online shop di media sosial Instagram pun lebih terasa karena adanya berbagai
strategi pemasaran yang sangat menarik bagi online shop untuk mempromosikan
produknya. Seperti kegiatan Endorse, Paid Promote (Promo Berbayar), dan SFS
(Shoutout For Shoutout). Namun sejauh ini owner baru memberlakukan SFS
(Shoutout For Shoutout) yaitu kegiatan saling bertukar iklan barang berupa foto
dengan sesama penjual/pemilik online shop di Instagram, sehingga foto iklan
tersebut akan muncul di timeline followers mereka (simpq-indonesia.com). Hal
ini membantu dalam mempromosikan online shop Aida Collection agar dapat dilihat
banyak pengguna Instagram lainnya dan dapat membantu memasarkan produk hingga
pembeli bukan hanya di satu wilayah tertentu. Tetapi di luar kota maupun di
beda pulau pun pembeli dapat memesan atau membeli produk dari online shop Aida
Collection ini.
Selain berbagai
kemudahan dan kelebihan yang owner rasakan karena pengaruh aplikasi Instagram
terhadap online shop tersebut. Kesulitan dan kekurangan pun dapat dirasakan
owner dalam hal mendapat kepercayaan dari sang pembeli. Dengan maraknya online
shop yang menggunakan Instagram sebagai media promosi, ada pula online shop
yang dibuat untuk melakukan penipuan. Oleh sebab itu, terkadang owner juga
harus memposting poto yang merupakan bukti pengiriman ataupun penerimaan barang
agar online shop tersebut dipercaya.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dijelaskan dalam proposal ini menyangkut soal pengaruh
aplikasi Instagram terhadap pemasaran produk pada online shop, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut :
- Pengaruh aplikasi Instagram terhadap
pemasaran produk pada online shop cukup membantu sebab terdapat beberapa
keuntungan yang didapat oleh online shop itu sendiri seperti tidak mengeluarkan
banyak biaya dalam mempromosikan produk untuk membuat katalog, membuat brosur
untuk memperkenalkan toko tersebut sebab dengan adanya strategi pemasaran SFS (Shoutout
For Shoutout) pada Instagram toko online tersebut dapat dikenal dalam berbagai
kalangan pengguna Instagram.
5.2 Saran
-
Memasarkan
produk melalui aplikasi Instagram merupakan salah satu hal yang dapat
dimanfaatkan kegunaannya selain aplikasinya tidak berbayar, pemilik online shop
juga dapat menggunakannya dengan mudah.
- Gunakan
aplikasi Instagram ini dengan hal-hal yang bermanfaat dan jangan
menyalahkan- gunakan aplikasi Instagram untuk melakukan penipuan melalui online
shop.
Komentar
Posting Komentar