LAPORAN PENELITIAN

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN


4.1       Hasil dan Pembahasan
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi instagram terhadap pemasaran produk pada online shop. Online shop yang digunakan sebagai informan dalam penelitian ini adalah Aida Collection dimana Aida Collection ini merupakan salah satu toko online baju muslim gamis yang memanfaatkan fasilitas aplikasi Instagram sebagai media pemasaran dan promosi koleksi bajunya.
            Jumlah pertanyaan yang diajukan pada wawancara terdiri atas 10 pertanyaan. Dari hasil penelitian, owner (pemilik online shop) mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi Instagram ini sangat membantu dalam hal promosi baik dalam hal promosi toko Aida Collection itu sendiri maupun produk-produk yang akan ditawarkannya.
Aplikasi Instagram ini merupakan salah satu aplikasi tidak berbayar yang ada pada android dan Iphone, semua orang pengguna android dan iphone dapat men-download aplikasi ini dengan gratis di play store atau pun App store. Dengan maraknya penggunaan gadget saat ini baik dikalangan anak-anak sampai dengan orang tua khususnya remaja, tidak sedikit masyarakat juga yang mempunyai aplikasi Instagram untuk berbagi foto, comment, likes dan sebagainya. Oleh sebab itu, banyak online shop yang menggunakan aplikasi Instagram ini untuk media promosi dan menjual produknya.
Efektivitas bisnis online shop di media sosial Instagram pun lebih terasa karena adanya berbagai strategi pemasaran yang sangat menarik bagi online shop untuk mempromosikan produknya. Seperti kegiatan Endorse, Paid Promote (Promo Berbayar), dan SFS (Shoutout For Shoutout). Namun sejauh ini owner baru memberlakukan SFS (Shoutout For Shoutout) yaitu kegiatan saling bertukar iklan barang berupa foto dengan sesama penjual/pemilik online shop di Instagram, sehingga foto iklan tersebut akan muncul di timeline followers mereka (simpq-indonesia.com). Hal ini membantu dalam mempromosikan online shop Aida Collection agar dapat dilihat banyak pengguna Instagram lainnya dan dapat membantu memasarkan produk hingga pembeli bukan hanya di satu wilayah tertentu. Tetapi di luar kota maupun di beda pulau pun pembeli dapat memesan atau membeli produk dari online shop Aida Collection ini.
Selain berbagai kemudahan dan kelebihan yang owner rasakan karena pengaruh aplikasi Instagram terhadap online shop tersebut. Kesulitan dan kekurangan pun dapat dirasakan owner dalam hal mendapat kepercayaan dari sang pembeli. Dengan maraknya online shop yang menggunakan Instagram sebagai media promosi, ada pula online shop yang dibuat untuk melakukan penipuan. Oleh sebab itu, terkadang owner juga harus memposting poto yang merupakan bukti pengiriman ataupun penerimaan barang agar online shop tersebut dipercaya.




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


5.1       Kesimpulan
         Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan dalam proposal ini menyangkut soal pengaruh aplikasi Instagram terhadap pemasaran produk pada online shop, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

- Pengaruh aplikasi Instagram terhadap pemasaran produk pada online shop cukup membantu sebab terdapat beberapa keuntungan yang didapat oleh online shop itu sendiri seperti tidak mengeluarkan banyak biaya dalam mempromosikan produk untuk membuat katalog, membuat brosur untuk memperkenalkan toko tersebut sebab dengan adanya strategi pemasaran SFS (Shoutout For Shoutout) pada Instagram toko online tersebut dapat dikenal dalam berbagai kalangan pengguna Instagram.


5.2       Saran
-     Memasarkan produk melalui aplikasi Instagram merupakan salah satu hal yang dapat dimanfaatkan kegunaannya selain aplikasinya tidak berbayar, pemilik online shop juga dapat menggunakannya dengan mudah.

-       Gunakan aplikasi Instagram ini dengan hal-hal yang bermanfaat dan jangan menyalahkan- gunakan aplikasi Instagram untuk melakukan penipuan melalui online shop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERPEN : PERCAKAPAN SINGKAT

PENGERTIAN, SYARAT, UNSUR & MACAM-MACAM ALINEA

KONVENSI NASKAH