PENGERTIAN, CIRI-CIRI DAN STRUKTUR BIOGRAFI

Biografi /bi·o·gra·fi/ n adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Biografi juga dapat diartikan sebagai suatu kisah atau keterangan perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata. Biografi dapat terdiri dari beberapa baris atau lebih dari satu buku.

Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya. Biasanya biografi bercerita tentang tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang telah tiada. Sekarang ini biografi banyak ditulis secara kronologis. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.

CIRI – CIRI BIOGRAFI
Berikut adalah ciri – ciri dari biografi :
1.      Biografi terdiri dari struktur: orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi 
2.      Berisi informasi fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita
3.    Faktualnya (fakta) menurut peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi
4.      Komponen penting dalam teks biografi : 
- Judul
- Menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan
- Mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan
- Dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh

STRUKTUR BIOGRAFI
Struktur biografi terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah serta reorientasi.
1. Orientasi : Orientasi merupakan bagian yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

2. Peristiwa dan Masalah : Bagian peristiwa atau kejadian yang berisi sebuah peristiwa atau kejadian pernah dialami, termasuk didalamnya berisi tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan pernah dialami tokoh diuraikan dalam bagian ini.

3. Reorientasi : Reorientasi adalah bagian penutup yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya dapat ada atau tidak.

REFERENSI :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikOrpkRYLzEtcQ6ZltptXo_ejxvONCL5jz0zP7vsH9eOKhKIiqu6BaI02jpZNAW9Pux6_4Ljn0n0sv_SDhdxIciSC6ZQ1nvkmfqv_q1TdyGhlHAzsZeoufiKoLLZ6DYXy0GRP_6iy_HAAZ/s1600/Buku+Sukarno.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERPEN : PERCAKAPAN SINGKAT

PENGERTIAN, SYARAT, UNSUR & MACAM-MACAM ALINEA

PROPOSAL PENELITIAN